30/09/08

Tingkatan Isu (News Value)

Tak jauh beda dengan berita tulisan, foto berita juga memiliki muatan isu yang berkembang di masyarakat. Dan setiap berita mengandung tingkatan atau nilai berita yang dapat mencuat menjadi polemik dan konsumsi di lingkungannya masing-masing.
Tingkatan isu ini juga sudah menjadi sebuah pakem dalam dunia foto jurnalistik. Isu yang beredar meliputi pada tingkatan, lokal, regional, nasional dan internasional.

Lokal
Pada kapitas pemberitaan yang bersifat lingkungan yang sempit, isu ini biasanya menjadi santapan koran-koran daerah. Beritanya, sebatas antar kampung, desa dan sebagainya, sebagai contoh sebuah berita yang memiliki hubungan emosional yang sempit, mungkin skandal pemilihan ketua RT atau RW. Namun kadang kala isu dapat berkembang ketingkatan regional maupun nasional bila keterkaitan unsur berita lokal dengan wilayah pusat.

Regional
Konsumsi pemberitaan pada setingkat lebih tinggi dari local, biasa jadi isu-isu yang mengalir dalam masyarakat tumbuh berkembang ketingkat regional atau provinsi. Seperti skandal yang melanda pemilihan camat atau bupati. Perkembangan isu juga dapat mencuat ketingkat nasional apabila ada intraksi antara daerah dan pusat.

Nasional
Pemberitaan dalam kadar tingkat nasional biasanya banyak disajikan oleh koran-koran yang konsumsinya seluruh Indonesia. Isu yang beredar mempengaruhi dan dapat merubah masyarakat dalam tatanan nasional. Isu korupsi pejabat tinggi, Soeharto yang sakit-sakitan, bencana alam yang merenggut ratusan nyawa korban. Berita tingkat nasional ini juga dapat mencuat ke level Internasional, seperti krisis ekonomi menjadi isu ditingkat investor asean dan dunia.

Pemakaman Mantan Presiden Soeharto
Upacara militer mengiringi proses pemakaman mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (28/1). Kompas/Agus Susanto

Internasional
Yang mempengaruhi perkembangan isu dan gejolak seluruh dunia, seperti rontoknya gedung WTC di New York bulan September 2001 lalu. Efeknya dirasakan langsung ke seluruh dunia, mulai dari penyerangan Amerika ke Afganistan hingga laju pekembangan ekonomi ke pelosok dunia.

Dalam dunia jurnalistik, tingkatan muatan berita yang ada di atas tersebut dapat dilihat pada halaman-halaman koran, baik koran daerah maupun nasional.

Berita-berita pokok yang biasanya menjadi isu internasional dan nasional selalu berada pada halaman utama atau cover. Kemudian disusul dengan halaman dalam yang menyajikan berita-berita regional, local. Berita yang memiliki unsur isu ditingkat international, nasional, regional dan lokal tersebut dapat berupa berita politik, ekonomi, olahraga dan sebagainya yang dapat mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

0 komentar:

Template by: Abdul Munir
Website: 99computercity